Keringat Berlebih di Telapak Tangan dan Kaki | Maxim Roll On Deodorant Antiperspirant Keringat Berlebih di Telapak Tangan dan Kaki

Keringat Berlebih di Telapak Tangan dan Kaki

Keringat Berlebih di Telapak Tangan dan Kaki

Pertanyaan:

Saya laki-laki usia 26 tahun, sejak kecil sampai sekarang telapak kaki dan tangan saya sering sekali mengeluarkan keringat berlebih, bahkan sampai menetes.

Apakah ini penyakit Dokter? Adakah terapi atau obat untuk menyembuhkan?

Kata kakak saya ternyata dia juga seperti saya, apakah ini juga keturunan Dokter?

Dari: Sandi

Keringat Berlebih Memang Sangat Mengganggu


Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Keringat berlebih pada lokasi tertentu tubuh (

hiperhidrosis fokal

) umumnya disebabkan oleh respon saraf simpatis yang berlebihan pada rangsangan emosional, seperti stress, cemas, takut, marah, tegang, dan sebagainya. Perbedaan pada kondisi normal adalah produksi keringat yang sangat banyak, meskipun dengan rangsangan yang sama, bahkan tanpa rangsangan sama sekali. Kondisi ini bisa dikatakan sebagai gangguan saja, dan bukan penyakit yang berat. Adanya keluhan yang sama dalam satu keluarga kemungkinan memang menunjukkan bahwa kondisi ini diturunkan oleh kedua orangtua pada anak-anaknya.


Terapi untuk kondisi ini ditujukan pada kondisi berat yang mengganggu fungsi diri dan sosial sehari-hari. Jenis terapi meliputi aplikasi larutan Aluminium chloride hexahydrate 6-20% dalam bentuk larutan, yang dioleskan pada malam hari dan dibersihkan pada pagi harinya. Alternatif lainnya adalah larutan methenamine dan proses iontoforesis. Terapi ini diberikan oleh dokter spesialis kulit. Penggunaan cuka sari apel hangat sebanyak 1 sendok makan setiap paginya dalam jangka waktu panjang juga diklaim memilki efek menurunkan produksi keringat berlebih.


Semoga bermanfaat.

dr. Hafidz, alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

0 komentar "Keringat Berlebih di Telapak Tangan dan Kaki", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar